Home > Buku Sang Putera dan Sang Bulan, Pasal 1 : Alkitab dan Al-Qur'an > Pandangan Al-qur’an dan Injil Mengenai Wanita

Pandangan Al-qur’an dan Injil Mengenai Wanita

Pria dan Wanita

Pandangan Al-qur’an dan Injil Mengenai Wanita

  • Kolose 3:18-19, “Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia”.
  • Qur’an 4:34, “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, ..Wanita-wanita yang kamu kuatirkan nusyuznya (meninggalkan kewajiban bersuami isteri), maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka dan pukullah mereka”.

Menurut sejumlah kaum Islamis kata Arab, untuk memukul dalam Sura 4;34 sebenarnya berarti “menyebat perlahan dengan sebuah ranting kayu kepada pergelangan tangan”. Coba kita bayangkan sejenak adegan seorang laki-laki Arab dengan isterinya yang kurang taat. la menghardik isterinya dan berusaha untuk tidak mempedulikannya. Namun, si isteri tetap saja membangkang. Maka ia pun memukul isterinya dengan ranting pergelangan tangan secara perlahan. Ini tidak masuk akal. Pukulan yang dimaksud dalam ayat ini telah diberikan sebagai tindakan terakhir, setelah sejumlah usaha teguran suaminya gagal untuk ditaati. Jelaslah, bahwa yang dimaksudkan di sini adalah pukulan yang berat dengan kekuatan tenaga. Pada hakikatnya, kata “memukul” dalam bahasa Arab di sini sama artinya dengan “mendera dengan cemeti” kepada seekor unta atau terhadap seekor binatang yang berbahaya.

Anak perempuan Abu Bakar; Asma, adalah isteri ke-empat Zobair bin AI-Awwam. Dikisahkan bahwa perempuan itu berkata, “Setiap kali Zobair marah kepada salah seorang di antara kami isteri-isterinya, dia biasanya menggunakan tongkat untuk menggebuk kami sampai tongkat itu patah-patah” (Dashti, 116). Ada ayat-ayat lain yang membeberkan perbedaan yang sangat besar antara ajaran Yesus dengan Al-qur’an.

  • Efesus 5:25-33, “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus  telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya… Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Barangsiapa mengasihi isterinya, ia mengasihi dirinya sendiri”.
  • Qur’an 33:51, “Kamu boleh menangguhkan (menggauli) siapa yang kamu kehendaki di antara mereka (isteri-isterimu) dan (boleh pula) menggauli siapa yang kamu kamu kehendaki”
  • Qur’an 66:5, “Jika nabi menceraikan kamu, boleh jadi Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan isteri-isteri yang lebih baik daripada kamu, yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertaubat, yang mengerjakan ibadat, yang berpuasa, yang janda dan yang perawan”
  • Qur’an 4:3, “Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat”.
  • Galatia 3:28Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus”.
  • Qur’an 4:11, “Allah mensyariatkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu, yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bahagian dua orang anak perempuan”.
  • Qur’an 4:34, “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena itu Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), …”.
  • Qur’an 2:228, “Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya… Akan tetapi para suami, mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada isterinya “.

Yesus melarang perceraian, tetapi Al-qur’an menganjurkannya,

  • Matius 19:9, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.”
  • Qur’an 2:229, “Talak (yang dapat dirujuki) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan cara yang ma’ruf atau menceraikan dengan cara yang baik”.
  • Qur’an 4:20, “Dan jika kamu ingin mengganti isterimu dengan isteri yang lain…” (maksudnya, menceraikan isteri yang tidak disenangi dan kawin dengan isteri yang baru).

Al-qur’an memang memuat sejumlah ayat yang indah di dalamnya, Namun, ada ayat-ayat yang cukup serius bagi kaum wanita :

  • Qur’an 4:23-24, “Dan diharamkan juga kamu mengawini wanila yang ber suami, kecuali budak-budak yang kamu miIiki.(Huruf tebal dari penulis)
  • Qur’an 4:15, “Dan terhadap para wanita  yang mengerjakan perbuatan keji,… kurunglah  mereka (wanita-wanita  itu) dalam  rumah  sampai mereka menemui ajalnya… dan terhadap dua orang yang melakukan perbuatan keji di antara kamu,  maka berilah kukuman kepada keduanya…” (huruf tebal dari penulis!)

Sura 4:3, memperkenankan seorang laki-laki mengawini empat orang isteri. Sura 2:229, 4:20, dan 66:5, mengizinkan seorang laki-laki mudah meninggalkan isterinya jika sudah tidak disenangi. Sura 33:59, melemparkan kesalahan kepada pihak korban, jika sampai terjadi pemerkosaan. Itulah sebabnya kaum wanita harus menutupi seluruh tubuhnya. Sura 4:24, memperkenankan seorang laki-laki menyetubuhi perempuan-perempuan  budak  miliknya,  sekalipun  budak-budak  itu bersuami. Sura 4:15, memerintahkan hukuman seumur hidup bagi kaum perempuan yang melakukan perbuatan keji.

Sebaliknya,  Alkitab menuntut agar kaum laki-laki memperlakukan kaum perempuan sebagai mitra yang sama nilai kemanusiaannya dan layak dihormati.

  • 1 Petrus 3:7, “Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.” (huruf tebal dari penulis!)
  • Matius 19:5, “Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: